RSS

Mendeteksi Gangguan Speedy Secara Mandiri

Melalui jejaring sosial Plurk, aku melihat banyak sekali rekan-rekan Pluker’s dan juga barangkali rekan-rekan Blogger's yang mengeluh dengan kondisi media internet nya yang menggunakan Speedy. Dari keluhan yang mengatakan bahwa Speedy mereka lambat sampai mengatakan Speedy Dodol (Spidol), Speedy Lelet (Spilet) dsb. sampai mengeluhkan Speedy nya mati tapi tidak ada yang segera memperbaiki.
Melalui tulisan ini aku ingin mencoba sharing pengalaman pribadi berupa "Prosedur Sederhana" untuk membantu rekan-rekan yang awam sekali dengan komputer khususnya dalam mendeteksi secara awal gangguan koneksi internet melalui Speedy yang mungkin terjadi ditempat anda dan bisa dilakukan secara mandiri (dilakukan sendiri) untuk mengetahui koneksi antara komputer dengan modem dan antara komputer dengan DNS Telkom dalam kondisi terhubung dengan baik atau tidak .
Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sbb : 1. Mengetahui IP Modem :
Klik : Start – Run – Ketik cmd (untuk windows xp /Vista) atau command (untuk windows 98/2000) maka akan muncul halaman command. Selanjutnya ketik : ipconfig dan enter dan akan muncul tampilan IP Gateway dari modem. Sebagai contoh IP Gateway-nya adalah : 192.168.1.1 (lihat gambar dibawah ini)
2. Mengecheck Koneksi dari Komputer ke Modem :
Klik : Start - Run - Ketik cmd (atau bisa melanjutkan dari langkah pertama) dihalaman command ketik ping 192.168.1.1 dan akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini :
Bila jawaban setelah ping adalah Reply from 192.168.1.1 dst dan dinyatakan Lost 0% berarti koneksi antara Komputer ke Modem anda kondisinya baik.
3. Mengecheck Koneksi dari Komputer ke DNS Telkom :
Klik : Start - Run - Ketik cmd (atau bisa melanjutkan dari langkah pertama) dihalaman command ketik ping 202.134.0.155 dan akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini :
Bila jawaban setelah ping adalah Reply from 202.134.0.155 dst dan dinyatakan Lost 0% berarti koneksi antara Komputer ke DNS Telkom kondisinya baik.
4. Mengetahui dan Troubleshooting bila ada gangguan Speedy :
Apabila langkah pada point 2 dan 3 diatas jawabannya adalah "Request Timed Out" atau "Destination Host Unreachable" dan ada lost 100% maka sudah bisa dipastikan terjadi adanya gangguan pada Speedy anda (lihat gambar dibawah ini)
Untuk itu lakukanlah langkah-langkah sbb :
1. Pastikan saluran telepon baik dengan mengangkat pesawat telepon dan mendapat nada pilih.
2. Pastikan kabel Ethernet Modem ke PC dan kabel modem ke Telepon terhubung dengan baik dan benar (tidak tertukar tempat pada splitternya). Tidak ada PABX, paralel telepon atau peralatan lain yang terhubung sebelum splitter.
3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 menit, nyalakan kembali dan pastikan lampu ADSL menyala tanpa blinking.
4. Pastikan username dan password sudah benar
Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx
5. Jika LAN pada posisi disable. Lakukanlah : Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection, Double klik Local Area Connection untuk men-enablekan LAN.
6. ADSL tidak blinking tetapi koneksi PC ke DNS “request time out”. Matikan fitur firewall (lihat user manual modem) di sisi modem, lakukan restart modem ADSL.
7. Pesan DNS masih “request time out” atau tidak mendapat IP. Lakukan setting IP:
a.Pada windows XP
Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (Harus sama dengan IP address modem)
Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155
b.Pada Windows 98/ME/2000
Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab – TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155
8. Jika modem hang. Refresh dan Setting ulang modem via menu modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 )
9. Hubungi 147 untuk informasi lebih lanjut.
Demikian penjelasan singkat dan sederhana untuk para pengguna Speedy bila menghadapi masalah atau gangguan dengan Speedy nya bisa melakukan pendeteksian secara mandiri dulu sebelum melaporkan gangguannya ke 147.
Sumber : Pengalaman Pribadi dan beberapa sumber lainnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SpeedTest Mini