RSS

Latihan Memaafkan

1. Sadarilah perasaan Sakit Hati Anda, ketika anda sedang marah, benci, atau dendam terhadap seseorang.
2. Yang sebenarnya Anda hadapi adalah Perasaan anda, bukan orang yang telah menyakiti Anda. Jadi, yang harus anda lakukan adalah mengubah perasaan sakit hati itu menjadi perasaan damai. Caranya, dengan memikirkan hal-hal yang positif, tentang sesuatu atau tentang seseorang yang anda cintai. Ini akan cukup efektif untuk menghilangkan perasaan sakit hati tersebut.
3. Ubahlah cara pandang Anda terhadap apa yang anda rasakan. Sakit hati muncul bukan karena orang lain yang menyakiti anda, tetapi karena pikiran anda telah "menuduh" bahwa orang itu telah menyakiti anda. Jadi maafkanlah pikiran anda yang telah "main tuduh". Memaafkan akan membantu menyembuhkan sakit hati itu.
4. Berjanjilah untuk terus melatih sikap pemaaf. Setiap kali pikiran mengenang tentang rekaman buruk itu, tariklah napas dalam-dalam, kemudian lakukan langkah nomor dua.
Semoga bermanfaat !!
Sumber : RDI September 2008

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 comments:

Zippy said...

Wah, bagus juga nih saran'x...

Oh..ya, met Idul Fitri ya ki, mohon maaf lahir dan batin...

budhe said...

Top abis postingannya.coba laksanakan ah...meski dirasa susah..

RAJA GHAZALI said...

Kalau cinta memang bukan hanya dalam kata-kata, tentu tidak ada kesalahan yang tidak bisa dimaafkan! Orang yang mampu memaafkan hanyalah orang-orang yang punya cinta, Tetapi, orang yang punya cinta seharusnya tidak menyakiti atau menguji sesama dengan mengulang-ulang kesalahan yang itu-itu juga.
memaafkan bukanlah sebuah perasaan, tetapi sebentuk tindakan, sebentuk kemauan dari diri seseorang. Memaafkan adalah suatu mukjizat yang secara ajaib bisa dirasakan, tetapi tidak banyak di antara kita mampu melakukannya dengan mudah.
Anda mau memaafkan, pasti Anda bisa memaafkan. Anda tidak mau memaafkan, pasti Anda sendiri yang akan merasakan akibatnya karena memelihara ingatan dengan segala konsekuensinya yang membuat kita "sakit hati" atau "sakit pikir"
Memelihara dendam karena orang lain menyakiti hati kita adalah seperti menelan racun sambil berharap orang lainlah yang akan mati!

AKI-G@UL said...

@ Zippy : Terimakasih atas komen nya, sama-sama Aki juga mohon dimaafkan lahir & bathin atas segala salah & khilaf !
@ Budhe Farkhun : sesuatu yang baik biasanya sulit utk dilaksanakan budhe, btw selamat mencoba !
@ Raja Ghazali : Terimakasih untuk tambahan komen untuk postingan ini, salam !

Anonymous said...

Memaafkan itu tidak mudah, tp percaya deh...orang yg suka memaafkan niscaya akan selalu bahagia hidupnya, krn tidak pernah pny dendam...hehe..:)

Anonymous said...

to forgive is to forget...
memaafkan aja susah... palagi melupakan yah?
tapi klo mo idupnya lebih bahagia sebaiknya memaafkan dan melupakan kerna menumpuk kebencian bikin hidup kita miserable... :)

Anonymous said...

hi aki, pa kabar? maaf cucu baru nongol lg. Artikel yang satu ini baguuuuuus banget. Kalau semua berpikiran seperti itu, dunia pasti damai. Tapi kenapa ya yang namanya Dendam itu orang tetep suka? padahal neraka tuh jurusannya. binun deh.

SpeedTest Mini