RSS

Probiotik vs Prebiotik

Kini semakin banyak produk pangan yang mengklaim dirinya mengandung Probiotik dan Prebiotik. Apakah anda masih bingung dengan kedua istilah tersebut ? Inilah perbedaannya :
Probiotik adalah mikro-organisme hidup, yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan menyehatkan tubuh dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora di dalam usus. Mikroflora yang digolongkan sebagai Probiotik adalah yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria. Terganggunya kestabilan flora usus bisa disebabkan karena penggunaan antibiotik atau obat lain, alkohol, stres, penyakit dan substansi toksik.
Manfaat sehat dari Probiotik adalah memperbaiki keluhan mal-absorpsi laktosa, meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus, supresi kanker, mengurangi kadar kolesterol darah, memperbaiki pencernaan dan meningkatkan daya tahan gastroitestinal.
Agar memberikan dampak kesehatan tersebut, Probiotik harus memenuhi syarat-syarat : tidak patogenik dan tidak toksik, mengandung banyak mikroorganisme hidup, mampu bertahan dan melakukan kegiatan metabolisme dalam usus serta bisa bertahan hidup selama dalam penyimpanan dan ketika digunakan.
Prebiotik adalah nondigestible food ingredient (komponen pangan yang tidak dapat dicerna enzim-enzim pencernaan), tetapi dapat merangsang pertumbuhan mikro-organisme Probiotik. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan tidak diserap, dalam bentuk oligosakarida dan serat pangan. Peran penting Prebiotik adalah merangsang dengan selektif pertumbuhan Bifidobacteria dan Lactobacilli dalam usus sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap mikro-organisme patogen.
Sumber :  RDI September 2008

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SpeedTest Mini