RSS

Oktoberfest, Pesta Bir Di Muenchen !

Oktoberfest adalah festival dua-mingguan yang diadakan setiap tahun di München, Bayern,Jerman, pada akhir September dan awal Oktober. Festival ini merupakan salah satu acara paling terkenal di kota ini dan juga merupakan festival terbesar di dunia dengan sekitar enam juta pengunjung setiap tahunnya. Kota-kota lain di dunia juga mengadakan festival-festival dengan menggunakan festival di München ini sebagai model, bahkan menggunakan juga nama Oktoberfest.
Ajang ini biasanya diadakan selama enam belas hari sampai dan termasuk hari Minggu pertama di bulan Oktober. Tapi jika hari Minggu ini jatuh pada tanggal 1 atau 2, maka festival akan dilanjutkan sampai tanggal 3 Oktober (Hari Persatuan Jerman). Festival diadakan di suatu daerah yang dinamakan Theresienwiese, atau pendeknya "d' Wiesn". 
Bir merupakan pusat perhatian utama dalam festival ini, dan pembukaan festival ditandai oleh pembukaan tong bir oleh Walikota München dengan mengatakan "O'zapft is!" (Bahasa Bavaria untuk "Telah dibuka!"). Bir istimewa Oktoberfest yang memiliki rasa dan kandungan alkohol yang lebih pekat dan keras juga disiapkan untuk acara ini. Bir ini disajikan dalam gelas berukuran satu liter yang disebut Maß. Gelas pertama diberikan untuk Menteri-Presiden Bayern. Hanya produsen lokal yang diizinkan untuk menyajikan bir ini di suatu Bierzelt, tenda penyajian bir yang cukup besar untuk menampung ribuan orang.
Pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis makanan, sebagian besar merupakan hidangan tradisional seperti sosis, hendl (ayam), käsespätzle (mi keju), dan sauerkraut, berikut hidangan lain khas Bayern seperti buntut sapi panggang.
Sumber : wikipedia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

11 comments:

budhe said...

trus hikmah yang mesti kita petik apa ya Ki...okay...senang ke blog ini...

Cipto Adhi Setiawan said...

hwek... pesta?

Milla Widia N said...

waaa hidangannya lezat2 tuh kayaknya... slurrppp

AKI-G@UL said...

@ Bude Fakhrun : Hikmah nya kita tahu ada suatu festival yang unik dan diadakan hanya di Kota Muenchen Jerman !
@ Cipto : Memang pesta beneran, kalau anda penggemar minum Bir bisa minum sepuasnya disini !
@ Milla Widia : Kalau hidangannya sih tergantung lidah kita, cocok apa enggak !

Tom said...

San Miguel Corporation, pengusaha pabrik bir di sini di Filipina, akan merayakan semalam Octoberfest khususnya untuk bloggers.

Meity Mutiara said...

Wah ... ada bahasan tentang OktoFest disini. Mmm ... jadi inget waktu masih tinggal di Bintan Resorts, 2x megang event ini, seruuu ... melibatkan tamu2 yang berlibur ke Bintan Resorts.

AKI-G@UL said...

@ Tiohem : kita2 di INA dijakin dong acara oktoberfest nya ! Salam
@ Melty : Lha emang anda dimana sekarang ? Tidak di Bintan lagi tapi langsung di Muenchen ya ?? Semoga .....

Kang Apis said...
This comment has been removed by the author.
Kang Apis said...

assalamualaikum...
salam kenal..
wah, udah banyak banget pengalaman aki sampe ke Jerman sana. kalo ada kesempatan lagi, boleh donk ajak-ajak saya..hhe

AKI-G@UL said...

@ m. hafizhuddin : wah Aki sudah pensiun nih sekarang, so kesempatan kesono lagi kalo pake biaya sendiri mendingan engga deh, so maaf kalau nggak bisa ngajakin ya ! he he he

Luzman said...

wah seneng yah aki bisa ke jerman. saya juga ada niat mau ngelanjutin S2 di jerman nih ki.. kalo punya info beasiswa kasih tau yah ki..

oh iya menurut saya aki masih pantas menerima award itu. Sayang banget kan kalo aki ga mau nerusin bagi awardnya.. itung-itung bagi-bagi THR lah ki.. hehehe..

tapi ga apa-apa sih. apa pun keputusan aki tetap aku hargai. jangan pernah berhenti berkarya yah, aki.. semangat!!

SpeedTest Mini