RSS

Menuntaskan Hak-Hakku Sebagai Pensiunan

Kemarin dan hari ini sebagai seorang pensiunan yang mempunyai Hak untuk mendapatkan (klaim) Asuransinya baik yang berada di Asuransi JAMSOSTEK maupun TASPEN telah aku selesaikan secara administratif. Tadinya aku tidak mau repot dengan rencananya menyerahkan penyelesaiannya kepada orang yang biasa mengurus masalah ini. Namun, karena aku sekarang seperti dikatakan beberapa rekanku jadi "Pengacara : Pengangguran Banyak Acara" aku jadi penasaran ingin tahu penyelesaian hak-hak ku ini aku bila dilakukan oleh aku sendiri. Diawali dengan mencari informasi tentang persyaratan administrasi untuk penyelesaian klaim asuransi baik di JAMSOSTEK maupun di TASPEN, aku melakukan legalisir semua dokumen pendukung yang meliputi antara lain : SK Pemberhentian Dengan Hormat sebagai Pegawai Perusahaan, SK Pengangkatan sebagai Calon Pegawai, SK Pengangkatan sebagai Pegawai Perusahaan dsb.
Dengan berbekal dokumen-dokumen asli dan copy dokumen yang sudah dilegalisir aku mendatangi Kantor JAMSOSTEK di Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan. Setelah bertanya dengan petugas didepan (front liner) dokumenku dilihat kemudian aku disuruh mengisi formulir Tanda Terima dan diberi nomor urut layanan. Kemudian pada saat aku dipanggil oleh petugas pelayanan, ternyata dokumen ku dianggap lengkap (karena copy dokumen asli sudah dilegalisir) dan hanya diminta KTP Asli untuk memvalidasi ke absahan dokumen dan selanjutnya diberitahu bahwa asuransi akan dibayarkan tanggal xx melalui transfer Bank dan apabila tanggal tersebut belum menerima, bisa menghubungi petugas yang ditunjuk di nomor telepon xxx.. Tidak sampai 10 menit pengurusan klaim Asuransi JAMSOSTEK selesai. Kemudian hari ini aku ke Kantor TASPEN di Jl. Cempaka Putih Jakarta Pusat. Setelah mengambil nomor antrian aku menunggu, namun tidak sampai 30 menit menunggu aku sudah dilayani untuk menyelesaikan klaim TASPEN ku. Seperti saat menyelesaikan klaim di JAMSOSTEK, maka di TASPEN pun aku hanya diberitahu bahwa pembayaran tidak bisa dilakukan dengan transfer bank mengingat aku tinggal di Tangerang (diluar Area DKI Jakarta) dan formalitas penyelesaian harus dikonfirmasikan terlebih dahulu dengan Kantor Pusat Perusahaan ku di Bandung dan aku diberi tahu tanggal xx supaya kembali untuk mendapatkan hak-hakku. Disini, juga sama proses administrasi klaim TASPEN ku tidak sampai 10 menit selesai. Untuk siapa saja yang akan menyelesaikan hak-haknya baik di JAMSOSTEK dan TASPEN, aku menyarankan sebaiknya diselesaikan sendiri karena layanannya yang sangat cepat dan tidak berbelit belit asal dokumen yang diperlukan lengkap. Adapun dokumen yang diperlukan adalah : TASPEN : - Mengisi Formulir Asli Akt.1 TASPEN (yang dilegalisir oleh HR setempat) dan dilampirkan : 1. Photo Copy Kartu Peserta TASPEN 2. Photo Copy KTP & Kartu Keluarga (KK) 3. Photo Copy Surat Nikah 4. Photo Copy Buku Rekening Bank (bila pembayaran ingin di transfer) 5. Asli Surat Keterangan Penghentian Pembayaran Gaji 6. Photo Copy SK Pemberhentian Pegawai (di legalisir HR setempat) 7. Photo Copy SK Calon Pegawai (di legalisir HR setempat) 8. Photo Copy SK Pegawai Perusahaan (di legalisir HR setempat) 9. Photo Copy SK Kenaikan Gaji Berkala selama 4 tahun terakhir ( di legalisir HR setempat) => Catatan : Data ini terkadang di abaikan !! JAMSOSTEK : - Mengisi Formulir Asli JAMSOSTEK 5 (dari Kantor JAMSOSTEK Setempat) dengan dilampirkan : 1. Photo Copy Kartu JAMSOSTEK => Asli biasanya diminta !! 2. Photo copy KTP & Kartu Keluarga (KK) 3. Photo Copy Surat Nikah 4. Photo Copy Buku Rekening Bank (bila pembayaran ingin di transfer) 5. Asli Surat Keterangan Penghentian Pembayaran Gaji 6. Photo Copy SK Pemberhentian Pegawai (di legalisir HR setempat) 7. Photo Copy SK Calon Pegawai (di legalisir HR setempat) 8. Photo Copy SK Pegawai Perusahaan (di legalisir HR setempat) 9. Photo Copy SK Kenaikan Gaji Berkala selama 4 tahun terakhir ( di legalisir HR setempat) => Catatan : Data ini terkadang di abaikan !!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SpeedTest Mini